life is C O L O R F U L! :)

Rabu, 07 September 2011

13 Constellations of Zodiac

Berhubung gua suka hal-hal yang berbau astronomi, apalagi tentang constellations, gua pengen mengupas tentang sejarah 13 rasi bintang ini :D #jadi keinget sama anime Starry Sky xD


jadi astronom adalah cita-cita terpendam gua Tuzki Bunny Emoticon


Oya jangan salah, gua sama sekali gak tertarik sama yang namanya astrologi. Gua cuma tertarik sama rasi-rasi bintang 'n sejarah penamaannya!



Pengertian Zodiac
Zodiak (dari kata Yunani: Zoodiacos Cyclos yang artinya Lingkaran Hewan)adalah sebuah sabuk khayal di langit dengan lebar 18° yang berpusat pada lingkaran ekliptika, tetapi istilah ini dapat pula merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilewati oleh sabuk tersebut, yang sekarang berjumlah 13. Dipercaya awal mula konsep ini berasal dari peradaban Lembah Sungai Eufrat
Kemungkinan hanya dengan 6 rasi: Capricornus, Pisces, Taurus, Cancer, Virgo, dan Scorpio, yang kemudian dipecah menjadi 12 karena penampakan tahunan 12 kali Bulan purnama pada bagian-bagian berurutan dari sabuk tersebut.

Di bola langit terdapat garis khayal yang disebut dengan lingkaran ekliptika. Jika diamati dari bumi, semua benda tata surya (planet, Bulan, dan Matahari) beredar di langit mengelilingi lingkaran ekliptika. Keistimewaan dari ke-13 zodiak dibanding rasi bintang lainnya adalah semuanya berada di wilayah langit yang memotong lingkaran ekliptika. Jadi dapat disimpulkan zodiak adalah semua rasi bintang yang berada disepanjang lingkaran ekliptika. Rasi-rasi bintang tersebut adalah:

Tomoe Yoh~ xD

1. Capricornus
Zodiak tropikalnya adalah 22 Desember - 19 Januari (IAU Constellations Boundaries 2011: 21 Januari - 17 Februari). Lamanya 27,4 hari. Bintang paling terang di rasi ini adalah  Deneb AlgediMenurut mitologi bangsa Yunani, kambing yang dijadikan lambang zodiak ini memang kambing betulan. Namanya AmaltheusKambing ini pernah memberikan air susunya kepada dewa Zeus, ketika dewa tertinggi bangsa Yunani kuno ini masih bayi, dan berada dalam gua disembunyikan ibunya sebab takut dimangsa bapaknya yang ganas bernama ChronoosKarena jasanya ini, kambing ini lalu diangkat ke langit, dibekali cahaya. Dan jadilah bintang.

Amaha Tsubasa guaa x3

2. Aquarius
Zodiak tropikalnya adalah 20 Januari - 18 Februari (IAU Constellations Boundaries 2011: 17 Februari -  12 Maret). Lamanya 23,9 hari. Bintang paling terang di rasi ini adalah Sadalsuud. Menurut kepercayaan Yunani, rasi bintang ini adalah penjelmaan Catamide alias Ganymede. putra dari King Tros. 

Konon, Ganymede punya wajah yang sangat tampan (Tsubasa gitu loh! #lho), hingga membuat Jupiter jatuh cinta. Jupiter mengutus rajawalinya, Aquila untuk menculik Ganymede agar dijadikan pembawa cawan pribadi dan kekasih Jupiter. Ketika Juno, kekasih Jupiter cemburu, Jupiter menjadikan Ganymede sebagai rasi bintang. Aquila juga dijadiin rasi dan ditempatkan di dekat rasi bintang Aquarius untuk menjaga Ganymede.

Ada juga cerita lain kalo Ganymede itu  pelayan paling setia dewa Zeus. Tugasnya memang membawakan minuman dewa paling agung bangsa Yunani itu.

Kanata Nanami :D

3. Pisces
Zodiak tropikalnya adalah 19 Februari - 20 Maret (IAU Constellations Boundaries 2011: 12 Maret - 19 April). Lamanya 37,7 hari. Bintang paling terang di rasi ini adalah Eta PisciumMenurut mitologi Yunani, rasi ini adalah penjelmaan Venus dan putranya, Cupid saat monster Typhoon menyerang Olympus. Mereka berdua menjelma menjadi sepasang ikan. Untuk menjaga agar mereka tidak terpisah, mereka mengikat ekor mereka menjadi satu saat berenang di lautan bintang di Via Galactea/Galaksi Bimasakti.

Shiranui Kazuki. Kaichou~


4. Aries
Zodiak tropikalnya adalah 21 Maret - 19 April (IAU Constellations Boundaries 2011: 19 April - 14 Mei). Lamanya 25,5 hari. Bintang paling terang di rasi ini adalah HamalAries merupakan zodiak yang muncul pertama kali. Konon, Aries digambarkan sebagai domba jantan atau biasa disebut Ram. Domba jantan itu dianggap sebagai jelmaan dari Dewa Mesir kuno bernama Amon. Dalam mitologi Yunani. Zodiak ini digambarkan sebagai domba yang bertanduk emas.

Konon, domba jantan itu dikorbankan untuk menyelamatkan seorang pangeran. Pangeran itu selamat. Karena pengorbanannya, dewa Zeus menempatkan sang domba dilangit sebagai rasi bintang. 

Kanakubo Homare. Bu-chou~

5. Taurus
Zodiak tropikalnya adalah 20 April - 20 Mei (IAU Constellations Boundaries 2011: 14 Mei - 21 Juni). Lamanya 38,2 hari. Bintang paling terang di rasi ini adalah AldebaranZodiak Taurus yang dilambangkan dengan sapi jantan, merupakan zodiak kedua. Menurut mitologi Yunani, banteng itu penjelmaan dari Dewa Zeus yang suka mengubah-ngubah dirinya. Pada zaman dahulu, Zeus digambarkan sebagai penguasa kerajaan Yunani. Zeus sangat kuat dan termasyhur.

Konon menurut ceritanya dewa Zeus paling suka dengan gadis-gadis cantik. Ia juga terkenal sebagai dewa yang paling banyak istrinya. Maka, ketika ia melihat kecantikan putri Eropa, yang sangat cantik, saking tergila-gila, Zeus mengubah dirinya menjadi sapi jantan agar dapat menculik putri Eropa. 

Iku Mizushima :)

6. Gemini
Zodiak tropikalnya adalah 21 Mei - 20 Juni (IAU Constellations Boundaries 2011: 21 Juni - 21 Juli). Lamanya 29,3 hari. Bintang paling terang di rasi ini adalah PolluxGemini merupakan zodiak ketiga. Zodiak ini digambarkan dengan sepasang anak kembar. Lambang Zodiak tersebut memiliki banyak arti. Menurut Astrologi Mesir, Gemini dilambangkan dengan sepasang ayam jago kembar. Kekembaran ini, menurut metologi Yunani, dihubungkan dengan si kembar Romulus dan Remus, pendiri kota Roma.


Menurut mitos lain, Gemini dilambangkan dengan sepasang dua anak kembar. Mereka adalah putra dari dewa Zeus. Kedua anak kembar ini bernama Castor dan PoluxAtau bisa pula disebut Alpha dan Beta Geminorum. Kata Gemini berasal dari kata Geminorum.


Tohzuki Suzuya~ x3

7. Cancer
Zodiak tropikalnya adalah 21 Juni - 22 Juli (IAU Constellations Boundaries 2011: 21 Juli - 11 Agustus). Lamanya 21,1 hari. Bintang paling terang di rasi ini adalah Al TarfMenurut mitologi Yunani, rasi ini merupakan Kepiting raksasa yang dikirim oleh Juno untuk membantu Hydra membunuh Hercules yang sedang melaksanakan tugas keduanya dari King Eurystheus of Mycaena, yaitu memusnahkan Hydra, monster beracun berkepala sembilan dari rawa-rawa Lerna.

Ketika Hercules sedang bersusah payah memerangi Hydra tiba-tiba dirasakannya ada sesuatu benda tajam mencapit kakinya, ternyata seekor kepiting raksasa. Dengan gusar dihancurkannya tubuh kepiting tersebut.
Juno merasa kecewa karena tujuannya membunuh Hercules tak terlaksana namun menghargai pengabdian kepiting tersebut kepadanya sehingga kemudian mengangkat tubuhnya ke angkasa dan menjadikannya rasi bintang Cancer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar